Selasa, 02 April 2019

How Start Blog (Sharing with HBBV)

Assalamualaikum Warohmatullahiwabarokatu.
Hallo,

Kali ini aku akan share mengenai "How To Start Blog" Pengalaman Sharing Session bareng Hijabers Beauty Blogger Vlogger ini benar-benar sangat bermanfaat untuk aku. Karena pembicara atau narasumber onlinenya adalah Icha yang sejak pertama kali ke websitenya langsung buat aku jatuh cinta. Karena apa? Blognya rapi banget, pemilihan jenis tulisan yang menyegarkan mata, dan foto-foto produk Flatflaynya yang bikin keratjunan parah sama produk-produk yang icha share Website Icha http://www.bysouthskin.com/
Jadi tujuan aku membuat blog ini adalah galau berpuitis ria, tanpa ada tujuan yang jelas. Tetapi ternyata tujuan dari blogger adalah sangat baik dan luas.Topik sebuah blog yang teratur dapat membuat kita lebih dilirik, Nah topik itu disebut Niche. Sekarang aku mau mengklaim blogku ini dengan Niche Beauty.



Cara membuat Blog atau website adalah :
  1. Sing Up ; Bisa menggunakan Wordpress ataupun Blogspot/ www.blogger.com (Aku menggunakan Blogger)
  2. Setting dan Costumize Blog 
  3. Menulis dan Publikasi
  4. Mempromosikan dan Optimasi Konten/Blog.
Setelah terdapat step-step yang dituntun oleh Blogger untuk kita isi dan lengkapi. atau dapat kita atur di setelan pengguna.



Untuk Posting Blog kita dapat menulis di Word terlebih dahulu dan copy ke blogger atau langsung dari blogger dengan pilihan entribaru.


Tapi guys kali ini kita akan membahas mengenai Layout ata Desain. Sebelumnya kita berkenalan dulu dengan istilah-istilah tampilan blogger. Seperti: 
 


Menurutku untuk menggunakan tema seperti icha ini lumayan rumit apalagi buat pemula karena harus mengerti HTML. yah lihat saja gimana punyaku masih berantakan. Tapi untuk yang merasa masih belum tergugah untuk menggunakan layout yang seperti diatas Blogger sudah menyiapkan beberapa tema yang ga kalah menarik. Seperti ini



Ini aku menggunakan tema download yang sudah aku pelajari bareng HBBV:



Temen-temen bisa sesuaikan keinginan temen-temen dengan klik sesuaikan, tapi itu tidak berlaku di tema yang aku gunakan ini. But aku selalu mempercantik Tema ku dengan sesuaikan jika aku menggunaan tema yang telah disediakan oleh blogger. 


Disesuaikan saja dengan keinginan teman-teman.
Rekomendasi Website download Theme :
https://gooyaabitemplates.com/
https://btemplates.com/blogger-templates/responsive/
http://www.beautytemplates.com/blogger-templates/
https://www.themexpose.com/

Gunakan Langkah-langkah seperti berikut:

  1. Download template yang kamu mau.
  2. Template yang kamu download biasanya masih dalam bentuk RAR jadi harus di-unzip dulu untuk dapat file aslinya. Pakai program WinRAR
  3. Kalo di pc/laptopmu belum ada silakan download dulu. Di mana downloadnya? Carilah di google.
  4. Buka filenya > Klik Extract File > muncul pop out > Pilih lokasi file > Klik OK
  5. Buka folder hasil unzip file tadi > Cari file yang berupa XML. Inilah file template yang sebenarnya, yang nantinya akan kamu upload ke blog.


Lumayan sulit untuk aku gunakan tema ini, Karena entah mengapa bloggerku tidak support untuk penggunaan dengan cara backup/pulihkan dengan upload tema yang sudah didownload:

Jadi saya menggunakan seperti ini yaitu mengedit HTML saya hapus HTLM yang lama lalu saya copy paste HTML tema yang saya download dengan piliha file berformat XML: 



Lalu edit lagi menggunakan pratinjau dan tata letak. Selanjutnya kita teruskan dengan tampilan atau fitur-fitur yang ingin ditampilkan dan penyesuaian tata letak sesuai keinginan temen-temen : 
Pilih Tata Letak : 

Lalu pilih tambah Gadget dan muncul 25 gadget yang ingin digunakan:


Begitulah cara saya mengubah Template atau Tema Blogger saya.


Icha juga berpesan gunakan tulisan yang enak dipandang agar pembaca tidak bosan ataupun pusing karena bentuktulisan kita. Btw dulu aku suka menggunakan tulisan chiller Curly MT yang keriting-keriting gitu seperti conth diatas. Nah ternyata itu kurang baik. Untuk Pemilihan warnapun sebaiknya gunakan yang soft dan lebih baik lagi putih agar pembaca tidak jenuh. Tapi kalau untuk judul aku suka sih, Apalagi Header agar lebih unik melihatnya. Disesuaikan saja dengan keinginan dan diusahakan simple tapi enak dipandang.

Terima Kasih

7 komentar:

  1. Lengkap banget ini sharingnya... Sayang waktu itu aku blom masuk ke dunia blog... Jdi rugi deh gak ikutan...

    BalasHapus
  2. Waktu ada sharing aku sudah seneng banget. Ternyata buat blogspot. Hiks... Aku pake wordpress. Mudah2an ada yg sharing ilmu begini di hbbv pake wordpress.

    BalasHapus
  3. berguna sekali sharing ilmunya ^^ semoga nanti bisa dibahas untuk aspek lainnya mengenai blogspot nih biar makin semangat nulis hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip setelah ini aku mau ngeblog sharing how to grow instagram bareng HBBV hihihi. Ditunggu yaa

      Hapus
  4. semoga sharingnya bermanfaat~
    btw, alamat blogku salah itu kak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa yaa,, Maafkeun chaa aku benerin nanti.. Makasih udah diingetin

      Hapus
  5. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,

    (Tommy.k)

    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com

    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri

    BalasHapus